LAPORAN KEGIATAN KUNJUNGAN STUDY KE PT.PELABUHAN INDONEESIA 1 KUALA TANJUNG, 24 MARET 2017

 LAPORAN KEGIATAN
KUNJUNGAN STUDY KE PT.PELABUHAN INDONEESIA 1
KUALA TANJUNG, 24 MARET 2017
DISUSUN OLEH
MAHASISW MATA KULIAH EVALUASI PROYEK
III EKP A
                   NAMA ANGGOTA:BAYHAQI                    14022008
                                                      IRFAN SYAHPUTRA 14022017
                                                      IRVAN NUR                 14022018
                                                      ROBI PRASATIO        14022033
         
PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS SAMUDRA
2017



KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Laporan Kunjungan Study Ke PT.Pelindo I Kuala Tanjung”.
Laporan ini sebagai perwujudan hasil dari kunjungan ke PT.Pelindo I yang berada di kuala Tanjung (Medan). Kunjungan ini  dilaksanakan  pada 24 Maret 2017.
Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dalam kunjungan dan penyusunan laporan ini.
Penyusun mengharapkan agar laporan ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca tentang mengevaluasi suatu proyek disuatu daerah.
Dalam penyusunan laporan ini masih banyak terdapat kesalahan sehingga penyusun mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.

                                                                                    Langsa,11 Maret 2017           


Penulis



DAFTAR ISI
Kata pengantar........................................................................................          i
Daftar isi..................................................................................................          ii
BAB I      PENDAHULUAN................................................................           1
1.1. Latar belekang.................................................................          1
1.2. Tujuan Dan Tujuan..........................................................          2
1.3. Waktu Dan Tempat Kegiatan..........................................          3
1.4.Peserta Kegiatan...............................................................          3
1.5.Biaya Kunjungan Studi....................................................          3
1.6.Objek Yang Diamati.........................................................          3
BAB II    LAPORAN KUNJUNGAN STUDI...................................           4
2.1.Gambaran Umum PT. Pelabuha Indonesia I....................          4
2.2.Kegiatan Kunjungan Studi...............................................          6
a.       Persiapan.....................................................................         6
b.      Dokumen Perhentian Awal.........................................          7
c.       Dokumentasi Dilokasi Kunjungan Studi....................          8
2.3.Rincian Pengeluaran Dan pemasukan...............................        10
BAB III PENUTUP..............................................................................          11
                      3.1.Kesimpulan......................................................................          12
                      3.2.Saran................................................................................          13


BAB I
PENDAHULUAN
                  1.1.            Latar Belakang
Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap kegiatan perusahaan atau organisasi. Semakin canggihnya teknologi yang digunakan tanpa didukung oleh manusia sebagai pelaksana kegiatan operasional, maka  perusahaan tidak akan mampu menghasilkan output yang sesuai dengan yang diharapkan. Peranan sumber daya manusia dalam perusahaan sudah ada sejak dikenalnya perusahaan sebagai wadah bersama dalam mencapai suatu  tujuan.
Perlu disadari bahwa pegawai merupakan sumber daya manusia yang terlibat langsung dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan harus memberikan perhatian secara maksimal pada pegawainya, baik perhatian dari segi kualitas pengetahuan dan keterampilan, maupun tingkat kesejahteraannya, sehingga pegawai yang bersangkutan dapat terdorong untuk memberikan segala kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Peningkatan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan pegawai dapat dilakukan  melalui program pelatihan  dan pengembangan, terutama untuk menghadapi perkembangan teknologi yang demikian pesat.
Pelatihan dan pengembangan merupakan usaha untuk mengurangi atau menghilangkan kesenjangan antara hasil pekerjaan dari kemampuan pegawai dengan hasil pekerjaan yang dikehendaki oleh perusahaan. Usaha meningkatkan   kemampuan kerja pegawai dapat dilakukan dengan menambah pengetahuan, keterampilan dan mengubah sikap, sehingga dapat menjadi kekayaan perusahaan yang paling berharga. Dengan segala potensi yang dimilikinya, pegawai dapat terus dilatih  dan dikembangkan, sehingga dapat lebih berdaya guna, dan berprestasi optimal guna mencapai tujuan perusahaan.
PT. Pelindo I (Persero) Medan, yang biasa disebut dengan PT. Pelindo I Medan merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan.  Seperti  halnya  perusahaan lain, PT. Pelindo I Medan senantiasa mengupayakan peningkatan kinerja dengan memberikan pelatihan dan pengembangan kepada para  pegawainya,  serta memberikan promosi jabatan bagi pegawai yang layak  menerimanya.

Berdasarkan keterangan beberapa manajer dari direktorat yang ada di PT. Pelindo I Medan, permasalahan yang dihadapi pegawai PT. Pelindo I Medan berhubungan dengan kinerja diantaranya adalah hasil kerja pegawai masih ada yang mengalami penurunan, pencapaian atas target kerja masih mengalami hambatan, standar kerja masih ada yang tidak sesuai dengan harapan, dan pemecahan masalah dalam bekerja masih kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari laporan-laporan hasil pekerjaan yang masuk ke meja masing-masing  manajer.
Selain itu, ada permasalahan lain yang dihadapi PT. Pelindo I  Medan  berkaitan dengan program pelatihan dan pengembangan. Menurut staf dari direktorat yang berhubungan dengan pelatihan dan pengembangan pegawai, jumlah pelaksanaan program   pelatihan   dan   pengembangan   memiliki   kecenderungan   yang menurun.

Adapun faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pemberlakuan kebijakan- kebijakan  baru   sebagai   efisiensi   perusahaan.   Direktorat   yang   bertanggung jawab untuk menangani pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan dituntut untuk lebih selektif dalam memberikan pelatihan dan pengembangan pada para pegawai.
              1.2.            Maksud Dan Tujuan
             Adapun tujuan kunjungan ke PT. Pelindo I Kuala Tanjung Medan, antara lain sebagai berikut:
  1.                 Mengetahui bentuk proyek dan pelayanan yang diterapakan oleh PT.Pelindo I cabang Kuala  Tanjung Medan.
  2.                 Menambah wawasan mahasiswa tentang pelaksanaan dan pembuatan proyek.     
             1.3.            Waktu Dan Tempat Kegiatan
Kunjungan ke PT. Pelindo I Cabang Kuala Tanjung Medan, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pelaksanaan. Waktu pelaksanaan kunjungan pada tanggal 24 Maret 2017 di PT. Pelabuhan Indonesia I Cabang Kuala Tanjung Medan.
             1.4.            Peserta Kegiatan
Seluruh mahasiswa Ekonomi Pembangunan 01
             1.5.            Biaya Kunjungan Studi
                  Biaya kunjungan studi sebesar Rp.250.000.00
             1.6.            Objek Yang Diamati
Proyek PT.Pelindo I cabang Kuala Tanjung Medan.


BAB II
LAPORAN KUNJUNGAN STUDI

       2.1.Gambaran umum PT. Pelabuhan Indonesia I
             a.       Sejarah Singkat Perusahaan
PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.56 Tahun 1991 dengan Akte Notaris Imas Fatimah SH No.1 tanggal 1 Desember 1992 sebagaimana dimuat dalam Tambahan Berita Negara RI No. 8612 Tahun 1994, beserta perubahan terakhir sebagaimana telah diumumkan dalam Tambahan Berita Negara RI tanggal 2 Januari 1999 No. 1
Nama lengkap Perusahaan adalah PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I disingkat PT Pelabuhan I (Persero), berkantor pusat di Jl. Krakatau Ujung No. 100 Medan 20241, Sumatera Utara, Indonesia. Telp. (061) 6610220, Fax. (061) 6610906, Website : http:/www.inaport1.co.id, E-mail : pelabuhan1@inaport.co.id.
Pada masa penjajahan Belanda Perusahaan ini diberi nama Haven Bedriff. Selanjutnya setelah kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1945 s.d 1950 perusahaan berstatus sebagai Jawatan Pelabuhan. Pada tahun 1960 s.d 1969 Jawatan Pelabuhan berubah menjadi Badan Usaha Milik Negara dengan status Perusahaan Negara Pelabuhan disingkat dengan nama PN Pelabuhan.
Pada periode 1969 s.d 1983 PN Pelabuhan berubah menjadi Lembaga Penguasa Pelabuhan dengan nama Badan Pengusahaan Pelabuhan disingkat BPP. Pada tahun 1983 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 1983 Badan Pengusahaan Pelabuhan dirubah menjadi Perusahaan Umum Pelabuhan I disingkat Perumpel I.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 56 tahun 1991 Perumpel I berubah status menjadi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I berkedudukan dan berkantor pusat di Medan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah tangan Departemen Perhubungan dan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
            b.      Fungsi PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan
Pembinaan dan penyelenggaraan pemasaran jasa kepelabuhan, pelayanan jasa kepelabuhan dan aneka usaha,seperti :
1.      Penyediaan dan penyelenggaraan bangunan, fasilitas atau peralatan kepelabuhan.
2. Pembinaan dan penyelenggraan akuntansi manajemen, akuntansi, keuangan dan perbendaharaan.
3.  Pembinaan dan penyelenggaraan sumber daya manusia, kegiatan hulu, dan hubungan internasional serta administrasi.
4.        Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian perusahaan.
5.        Penyiapan pembinaan dan penulisan program hubungan antar mitra dan keprotokolan.
6.    Penyiapan pembinaan dan penulisan jasa konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang terkait dengan kepelabuhan.
7.        Usaha-usaha lain yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan.

            c.       Misi dan Visi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I
Penetapan misi perusahaan difokuskan kepada peningkatan kualitas pelayanan dan keandalan alat produksi untuk mendukung peran pelabuhan sebagai pusat logistik melalui aktivitas yang memberikan nilai tambah sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah. Berdasarkan keyakinan yang dimaksud, misi PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I ditetapkan sebagai berikut :
“Menyediakan jasa kepelabuhan berkualitas yang berperan sebagai pusat logistik, memberikan nilai tambah serta mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah”. 
                  PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan telah merumuskan visi yang merupakan gambaran organisasi yang ingin diwujudkan di masa depan yaitu :

“Mewujudkan pelayanan kepelabuhan berkualitas dan berada di dalam jaringan transportasi laut global serta mampu memenuhi harapan stakeholders.”
      Dalam upaya mewujudkan visi tersebut diperlukan kemampuan untuk:

  1.         Mewujudkan keuntungan yang memadai dalam menjalankan bisnis persero (profit).
  2.         Memproduksikan jasa yang menghasilkan nilai bagi pelanggan (product).
  3.        Menyempurnakan proses yang menghasilkan nilai bagi pelanggan secara berkelanjutan (process).
  4.         Menciptakan SDM yang produktif dan berkomitmen (people).

          d.      Tujuan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I  
     Tujuan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I adalah sebagai berikut :

  •        Peningkatan efisiensi usaha.
  •        Memperluas pangsa pasar.
  •        Meningkatkan kepuasan pengguna pasar.
  •       Mewujudkan organisasi yang dapat menunjang pengembangan usaha dan terwujudnya masyarakat      kepelabuhan.
  •         Meningkatkan profesionalisme usaha.
 ·         Membina sumber daya manusia profesional yang penuh dedikasi.
    
         2.2.Kegiatan Kujungan Studi
             a.      Persiapan
                  Semua mahasiswa yang berangkat ke PT.Pelindo I berkumpul di fakultas ekonomi yang ada dikota. Keberangkatan dari kota langsa ke PT.Pelindo I jam 23:00 WIB.

        b.      Dokumentasi Perhentian Awal
Gambar 1: Perhentian Awal dimesjid
       Gambar 2: Sarapan Pagi


          a.      Dokumentasi Lokasi Kunjungan Studi
     Gambar 1 :lokasi Proyek PT.Pelindo I

Gambar 2 :Mahasiswa sedang mengamati disekitaran lokasi Proyek PT.Pelindo 
2.3.Rincian Pemasukan Dan Pengeluaran
Pengeluaran pribadi:
Bayhaqi                      :Rp.200.000.00
Irfan Syahputra          :Rp.275.000.00
Irvan Nur                    :Rp.175.000.00
Robi Prastio                :Rp.200.000.00
        Pemasukan : -


BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Kunjungan laporan PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung Medan ini terkait dengan pembangunan preyek pelabuhan tersebut, kegiatan usaha yang akan dilaksanakan pelabuhan tersebut adalah menyelenggarakan pelayanan jasa kepelabuhan dan usaha lain yang menunjang pencapaian tujuan  perrusahaan meliputi penyediaan atau pelanan:
  1.              Kolam –kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas dan tempat berlabuhnya kapal.
  2.         Jasa-jasa yang berhubung dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal.
  3.         Dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat peti kemas, curah air, curah kering (general cargo), dan kendaraan. 
  4.         Jasa terminal peti kemas, curah air, curah kering, multi purpose, penumpang, pelayanan rakyat Ro-Ro.
  5.         Gudang-gudang, lapangan penumpukan dan tangki/tempat penimbunan barang-barang, angkutan bandar, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan.
  6.         Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung-gedung/bangana yang berhunungan dengan kepentingan kelancaran angkutan multi moda.
  7.         Listrik, air minum,dan instalasi limbah serta pembuangan sampah.
  8.         Jasa pengisian bahan bakar minyak untuk kapal dan kendaraan di lingkungan pelabuhan.
  9.         Kegiatan konsolidasi dan distribusi barang termasuk hewan.
  10.         Jasa konsultasi, pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepelabuhan.
  11.         Pengusaha dan pelayanan deo peti kemas dan perbaikan, cleaning, fumigasi, serta pelayanan logistik.
  12.         Pengusahaan kawasan pabean dan tempat penimbunan sementasa.
Visi PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung Medan adalah menjadi nomor satu dibisnis indonesia dan misi PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung Medan yaitu menyediakan jasa kepelabuhan yang terintegrasi untuk memacu pertumbuhan ekonomi wilayah.
Untuk memacu pencaapaian visi dan misi, perisahaan memiliki nilai yaitu CIPTA (Costumer Focus,  Integrity, Profesionalis, Teamwork).
         3.2.Saran
Saran dari kami agar ada pemberian materi terlebih dahulu didalam ruangan/aula sehingga kami lebih paham dan mengerti tentang proyek yang sedang dikerjakan oleh PT.Pelindo I. Dalam hal kunjungan ke PT.Pelindo I cabang Kuala Tanjung ini masih banyak kekurangan kerena jadwal kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, untuk itu kunjungan yang akan dilaksanakan selanjutnya bisa terlebih dahulu melakukan pra survey sehingga kunjungan bisa dilaksanakan secara maksimal.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
5 March 2022 at 09:20 ×

Apple Watch Stainless Steel vs Titanium
Apple Watch hypoallergenic titanium earrings Stainless Steel. babylisspro nano titanium The titanium bicycle Stainless Steel titanium flashlight Apple Watch is the first genuine 바카라 검증사이트 stainless steel product, measuring about 1,000 grams.

Congrats bro camillusjackley you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment