LAPORAN
KEGIATAN
KUNJUNGAN
STUDY KE PT.PELABUHAN INDONEESIA 1
DISUSUN
OLEH
MAHASISW
MATA KULIAH EVALUASI PROYEK
III
EKP A
NAMA ANGGOTA:BAYHAQI
14022008
IRFAN
SYAHPUTRA 14022017
IRVAN
NUR 14022018
PROGRAM
STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
SAMUDRA
2017
2017
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga
penyusun dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Laporan Kunjungan Study Ke
PT.Pelindo I Kuala Tanjung”.
Laporan ini sebagai perwujudan hasil
dari kunjungan ke PT.Pelindo I yang berada di kuala Tanjung (Medan). Kunjungan
ini dilaksanakan pada 24 Maret 2017.
Pada kesempatan ini penyusun mengucapkan
terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait dalam kunjungan dan penyusunan
laporan ini.
Penyusun mengharapkan agar laporan ini
dapat memberikan manfaat kepada pembaca tentang mengevaluasi suatu proyek
disuatu daerah.
Dalam penyusunan laporan ini masih
banyak terdapat kesalahan sehingga penyusun mengharapkan saran dan kritik yang
bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
Langsa,11 Maret 2017
Penulis
Kata
pengantar........................................................................................ i
Daftar
isi.................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN................................................................ 1
1.1.
Latar belekang................................................................. 1
1.2.
Tujuan Dan Tujuan.......................................................... 2
1.3.
Waktu Dan Tempat Kegiatan.......................................... 3
1.4.Peserta
Kegiatan............................................................... 3
1.5.Biaya
Kunjungan Studi.................................................... 3
1.6.Objek
Yang Diamati......................................................... 3
BAB II LAPORAN KUNJUNGAN STUDI................................... 4
2.1.Gambaran
Umum PT. Pelabuha Indonesia I.................... 4
2.2.Kegiatan
Kunjungan Studi............................................... 6
a.
Persiapan..................................................................... 6
b.
Dokumen Perhentian Awal......................................... 7
c.
Dokumentasi Dilokasi Kunjungan Studi.................... 8
2.3.Rincian
Pengeluaran Dan pemasukan............................... 10
BAB III PENUTUP.............................................................................. 11
3.1.Kesimpulan...................................................................... 12
3.2.Saran................................................................................ 13
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Sumber
daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam setiap kegiatan
perusahaan atau organisasi. Semakin canggihnya teknologi yang digunakan tanpa
didukung oleh manusia sebagai pelaksana kegiatan operasional, maka perusahaan tidak akan mampu menghasilkan
output yang sesuai dengan yang diharapkan. Peranan sumber daya manusia dalam
perusahaan sudah ada sejak dikenalnya perusahaan sebagai wadah bersama dalam
mencapai suatu tujuan.
Perlu
disadari bahwa pegawai merupakan sumber daya manusia yang terlibat langsung
dalam menjalankan kegiatan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan harus
memberikan perhatian secara maksimal pada pegawainya, baik perhatian dari segi
kualitas pengetahuan dan keterampilan, maupun tingkat kesejahteraannya,
sehingga pegawai yang bersangkutan dapat terdorong untuk memberikan segala
kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Peningkatan kemampuan,
pengetahuan dan keterampilan pegawai dapat dilakukan melalui program pelatihan dan pengembangan, terutama untuk menghadapi
perkembangan teknologi yang demikian pesat.
Pelatihan
dan pengembangan merupakan usaha untuk mengurangi atau menghilangkan
kesenjangan antara hasil pekerjaan dari kemampuan pegawai dengan hasil
pekerjaan yang dikehendaki oleh perusahaan. Usaha meningkatkan kemampuan kerja pegawai dapat dilakukan
dengan menambah pengetahuan, keterampilan dan mengubah sikap, sehingga dapat
menjadi kekayaan perusahaan yang paling berharga. Dengan segala potensi yang
dimilikinya, pegawai dapat terus dilatih
dan dikembangkan, sehingga dapat lebih berdaya guna, dan berprestasi
optimal guna mencapai tujuan perusahaan.
PT.
Pelindo I (Persero) Medan, yang biasa disebut dengan PT. Pelindo I Medan
merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak
di bidang jasa kepelabuhanan.
Seperti halnya perusahaan lain, PT. Pelindo I Medan
senantiasa mengupayakan peningkatan kinerja dengan memberikan pelatihan dan
pengembangan kepada para
pegawainya, serta memberikan
promosi jabatan bagi pegawai yang layak
menerimanya.
Berdasarkan
keterangan beberapa manajer dari direktorat yang ada di PT. Pelindo I Medan,
permasalahan yang dihadapi pegawai PT. Pelindo I Medan berhubungan dengan
kinerja diantaranya adalah hasil kerja pegawai masih ada yang mengalami
penurunan, pencapaian atas target kerja masih mengalami hambatan, standar kerja
masih ada yang tidak sesuai dengan harapan, dan pemecahan masalah dalam bekerja
masih kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari laporan-laporan hasil
pekerjaan yang masuk ke meja masing-masing
manajer.
Selain
itu, ada permasalahan lain yang dihadapi PT. Pelindo I Medan
berkaitan dengan program pelatihan dan pengembangan. Menurut staf dari
direktorat yang berhubungan dengan pelatihan dan pengembangan pegawai, jumlah
pelaksanaan program pelatihan dan
pengembangan memiliki kecenderungan yang menurun.
Adapun
faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah pemberlakuan kebijakan-
kebijakan baru sebagai
efisiensi perusahaan. Direktorat
yang bertanggung jawab untuk
menangani pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan dituntut untuk lebih
selektif dalam memberikan pelatihan dan pengembangan pada para pegawai.
1.2.
Maksud
Dan Tujuan
Adapun
tujuan kunjungan ke PT. Pelindo I Kuala Tanjung Medan, antara lain sebagai berikut:
- Mengetahui bentuk proyek dan pelayanan yang diterapakan oleh PT.Pelindo I cabang Kuala Tanjung Medan.
- Menambah wawasan mahasiswa tentang pelaksanaan dan pembuatan proyek.
1.3.
Waktu
Dan Tempat Kegiatan
Kunjungan
ke PT. Pelindo I Cabang Kuala Tanjung Medan, diharapkan dapat menambah
pengetahuan tentang pelaksanaan. Waktu pelaksanaan kunjungan pada tanggal 24
Maret 2017 di PT. Pelabuhan Indonesia I Cabang Kuala Tanjung Medan.
1.4.
Peserta
Kegiatan
Seluruh
mahasiswa Ekonomi Pembangunan 01
1.5.
Biaya
Kunjungan Studi
Biaya
kunjungan studi sebesar Rp.250.000.00
1.6.
Objek
Yang Diamati
Proyek PT.Pelindo I
cabang Kuala Tanjung Medan.
BAB II
LAPORAN KUNJUNGAN STUDI
a.
Sejarah Singkat Perusahaan
PT
(Persero) Pelabuhan Indonesia I didirikan berdasarkan Peraturan Pemerintah
No.56 Tahun 1991 dengan Akte Notaris Imas Fatimah SH No.1 tanggal 1 Desember
1992 sebagaimana dimuat dalam Tambahan Berita Negara RI No. 8612 Tahun 1994,
beserta perubahan terakhir sebagaimana telah diumumkan dalam Tambahan Berita
Negara RI tanggal 2 Januari 1999 No. 1
Nama
lengkap Perusahaan adalah PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I disingkat PT
Pelabuhan I (Persero), berkantor pusat di Jl. Krakatau Ujung No. 100 Medan
20241, Sumatera Utara, Indonesia. Telp. (061) 6610220, Fax. (061) 6610906,
Website : http:/www.inaport1.co.id, E-mail : pelabuhan1@inaport.co.id.
Pada
masa penjajahan Belanda Perusahaan ini diberi nama Haven Bedriff. Selanjutnya
setelah kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 1945 s.d 1950 perusahaan berstatus
sebagai Jawatan Pelabuhan. Pada tahun 1960 s.d 1969 Jawatan Pelabuhan berubah
menjadi Badan Usaha Milik Negara dengan status Perusahaan Negara Pelabuhan
disingkat dengan nama PN Pelabuhan.
Pada
periode 1969 s.d 1983 PN Pelabuhan berubah menjadi Lembaga Penguasa Pelabuhan
dengan nama Badan Pengusahaan Pelabuhan disingkat BPP. Pada tahun 1983
berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 1983 Badan Pengusahaan Pelabuhan
dirubah menjadi Perusahaan Umum Pelabuhan I disingkat Perumpel I.
Berdasarkan
Peraturan Pemerintah No. 56 tahun 1991 Perumpel I berubah status menjadi PT
(Persero) Pelabuhan Indonesia I berkedudukan dan berkantor pusat di Medan.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah tangan Departemen Perhubungan dan dilaksanakan
oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.
b.
Fungsi PT. Pelabuhan Indonesia I
(Persero) Medan
Pembinaan
dan penyelenggaraan pemasaran jasa kepelabuhan, pelayanan jasa kepelabuhan dan
aneka usaha,seperti :
1. Penyediaan dan penyelenggaraan bangunan,
fasilitas atau peralatan kepelabuhan.
2. Pembinaan dan penyelenggraan akuntansi
manajemen, akuntansi, keuangan dan perbendaharaan.
3. Pembinaan dan penyelenggaraan sumber
daya manusia, kegiatan hulu, dan hubungan internasional serta administrasi.
4.
Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian
perusahaan.
5.
Penyiapan pembinaan dan penulisan
program hubungan antar mitra dan keprotokolan.
6. Penyiapan pembinaan dan penulisan jasa
konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang terkait dengan kepelabuhan.
7.
Usaha-usaha lain yang dapat menunjang
tercapainya tujuan perusahaan.
c.
Misi dan Visi PT (Persero) Pelabuhan
Indonesia I
Penetapan
misi perusahaan difokuskan kepada peningkatan kualitas pelayanan dan keandalan
alat produksi untuk mendukung peran pelabuhan sebagai pusat logistik melalui
aktivitas yang memberikan nilai tambah sehingga dapat mendorong pertumbuhan
ekonomi wilayah. Berdasarkan keyakinan yang dimaksud, misi PT (Persero)
Pelabuhan Indonesia I ditetapkan sebagai berikut :
“Menyediakan
jasa kepelabuhan berkualitas yang berperan sebagai pusat logistik, memberikan
nilai tambah serta mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah”.
PT.
Pelabuhan Indonesia I (Persero) Medan telah merumuskan visi yang merupakan
gambaran organisasi yang ingin diwujudkan di masa depan yaitu :
“Mewujudkan
pelayanan kepelabuhan berkualitas dan berada di dalam jaringan transportasi
laut global serta mampu memenuhi harapan stakeholders.”
Dalam upaya mewujudkan
visi tersebut diperlukan kemampuan untuk:
- Mewujudkan keuntungan yang memadai dalam menjalankan bisnis persero (profit).
- Memproduksikan jasa yang menghasilkan nilai bagi pelanggan (product).
- Menyempurnakan proses yang menghasilkan nilai bagi pelanggan secara berkelanjutan (process).
- Menciptakan SDM yang produktif dan berkomitmen (people).
d. Tujuan
PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I
- Peningkatan efisiensi usaha.
- Memperluas pangsa pasar.
- Meningkatkan kepuasan pengguna pasar.
- Mewujudkan organisasi yang dapat menunjang pengembangan usaha dan terwujudnya masyarakat kepelabuhan.
- Meningkatkan profesionalisme usaha.
·
Membina sumber daya manusia profesional
yang penuh dedikasi.
2.2.Kegiatan
Kujungan Studi
a. Persiapan
Semua mahasiswa yang
berangkat ke PT.Pelindo I berkumpul di fakultas ekonomi yang ada dikota.
Keberangkatan dari kota langsa ke PT.Pelindo I jam 23:00 WIB.
b. Dokumentasi Perhentian Awal
Gambar
1: Perhentian Awal dimesjid
Gambar 2: Sarapan Pagi
a. Dokumentasi Lokasi Kunjungan Studi
Gambar
1 :lokasi Proyek PT.Pelindo I
Gambar
2 :Mahasiswa sedang mengamati disekitaran lokasi Proyek PT.Pelindo
2.3.Rincian
Pemasukan Dan Pengeluaran
Pengeluaran pribadi:
Bayhaqi :Rp.200.000.00
Irfan
Syahputra :Rp.275.000.00
Irvan
Nur :Rp.175.000.00
Robi Prastio :Rp.200.000.00
Pemasukan : -
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Kunjungan
laporan PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung Medan ini terkait dengan
pembangunan preyek pelabuhan tersebut, kegiatan usaha yang akan dilaksanakan
pelabuhan tersebut adalah menyelenggarakan pelayanan jasa kepelabuhan dan usaha
lain yang menunjang pencapaian tujuan
perrusahaan meliputi penyediaan atau pelanan:
- Kolam –kolam pelabuhan dan perairan untuk lalu lintas dan tempat berlabuhnya kapal.
- Jasa-jasa yang berhubung dengan pemanduan (pilotage) dan penundaan kapal.
- Dermaga dan fasilitas lain untuk bertambat, bongkar muat peti kemas, curah air, curah kering (general cargo), dan kendaraan.
- Jasa terminal peti kemas, curah air, curah kering, multi purpose, penumpang, pelayanan rakyat Ro-Ro.
- Gudang-gudang, lapangan penumpukan dan tangki/tempat penimbunan barang-barang, angkutan bandar, alat bongkar muat, serta peralatan pelabuhan.
- Tanah untuk berbagai bangunan dan lapangan, industri dan gedung-gedung/bangana yang berhunungan dengan kepentingan kelancaran angkutan multi moda.
- Listrik, air minum,dan instalasi limbah serta pembuangan sampah.
- Jasa pengisian bahan bakar minyak untuk kapal dan kendaraan di lingkungan pelabuhan.
- Kegiatan konsolidasi dan distribusi barang termasuk hewan.
- Jasa konsultasi, pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan kepelabuhan.
- Pengusaha dan pelayanan deo peti kemas dan perbaikan, cleaning, fumigasi, serta pelayanan logistik.
- Pengusahaan kawasan pabean dan tempat penimbunan sementasa.
Visi
PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung Medan adalah menjadi nomor satu
dibisnis indonesia dan misi PT. Pelabuhan Indonesia I cabang Kuala Tanjung
Medan yaitu menyediakan jasa kepelabuhan yang terintegrasi untuk memacu
pertumbuhan ekonomi wilayah.
Untuk
memacu pencaapaian visi dan misi, perisahaan memiliki nilai yaitu CIPTA (Costumer
Focus, Integrity, Profesionalis, Teamwork).
3.2.Saran
Saran
dari kami agar ada pemberian materi terlebih dahulu didalam ruangan/aula
sehingga kami lebih paham dan mengerti tentang proyek yang sedang dikerjakan
oleh PT.Pelindo I. Dalam hal kunjungan ke PT.Pelindo I cabang Kuala Tanjung ini
masih banyak kekurangan kerena jadwal kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara
maksimal, untuk itu kunjungan yang akan dilaksanakan selanjutnya bisa terlebih
dahulu melakukan pra survey sehingga kunjungan bisa dilaksanakan secara
maksimal.
1 comments:
Click here for commentsApple Watch Stainless Steel vs Titanium
Apple Watch hypoallergenic titanium earrings Stainless Steel. babylisspro nano titanium The titanium bicycle Stainless Steel titanium flashlight Apple Watch is the first genuine 바카라 검증사이트 stainless steel product, measuring about 1,000 grams.
ConversionConversion EmoticonEmoticon